Back To Top

foto1 foto2 foto3 foto4 foto5
Jangan buang waktu untuk menunggu sesuatu yang tidak pasti. Hidup ini berjalan diatas kepastian, bukan hanya cita2 dan rencana

SMA Bunda Padang

YAYASAN BUNDA PERWAKILAN SUMATERA BARAT

Login Form

SEJARAH BERDIRINYA

YAYASAN BUNDA PERWAKILAN SUMATERA BARAT DAN SMA BUNDA PADANG TAHUN 1979

Yayasan adalah badan hukum yang dikelolah oleh sebuah pengurus dan didirikan untuk tujuan sosial (mengusahakan bantuan seperti, sekolah, rumah sakit dan sebagainya). Keberadaan yayasan, khususnya yayasan pendidikan di Kota Padang sudah dimulai periode awal abad ke-20, diantaranya adalah Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat. Berdirinya Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat tidak terlepas dari peran Yayasan Bunda yang telah lebih dahulu berdiri di Jakarta pada tahun 1971. Yayasan yang dipelopori oleh para tokoh wanita Sumatera Barat diantaranya :

  • Ketua Umum: Ny. Nelly Adam Malik
  • Ketua I: Ny. Dra. Sjamsinoer Adnoes
  • Ketua II: Ny. Ratna Maida Hasjim Ning
  • Ketua III: Ny. Jus Idham
  • Ketua IV: Ny. Irma Ainil
  • Sekretaris Umum: Ny. Ade Darmawan
  • Sekretaris I: Ny. Muchlisan Agus Alwi
  • Bendahara Umum: Ny. Moertini Dalil Hasan
  • Bendahara I: Ny. Dra Zuraida Rustam
  • Bendahara II: Ny. Nan Sjaiful

Para pendiri membentuk sebuah yayasan yang diberi nama Yayasan Bunda. Tujuan dari yayasan ini adalah sebagai badan sosial yang menjalankan kegiatan-kegiatan usaha di lapangan. pembangunan nasional, baik secara fisik maupun spiritual, menuju kearah kesejahteraan masyarakat Indonesia pada umumnya, dan masyarakat Sumatera Barat pada khususnya. Yayasan Bunda pada awalnya hanya melakukan kegiatan yang bergerak di bidang budaya dan sosial saja, seperti dilaksanakannya malam penggalangan dana yang mempertunjukkan operet “Baralek Gadang” di Ball Room Hotel Indonesia, Jakarta pada tahun 1977. Selain itu, yayasan ini juga mengadakan pertunjukan operet “Galodo” di Ball Room Hotel Hilton Jakarta sebagai wadah pengumpulan dana untuk diberikan kepada korban galodo Merapi di Sumatra Barat pada tahun 1979.

Untuk mewujukan tujuan awal pendiriannya maka pengurus Yayasan Bunda yang berkedudukan di Jakarta membentuk sebuah perwakilan yang didiri pada tahun 1979 di Kota Padang. Keberadaan Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat ini aktif menjalankan usaha-usaha atau kegiatan, secara langsung berpartisipasi dalam pembinaan dan pembangunan masyarakat di Sumatera Barat. Kepengurusan awal Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat yang berkedudukan di Kota Padang sampai pada tahun 1990 untuk kepengurusan inti seperti ketua, sekretaris dan bendahara tidak banyak mengalami perubahan. Penambahan anggota terjadi dalam bidang-bidang kepengurusan, baik itu bidang pendidikan, kesehatan maupun kesejahteraan. Adapun kepengurusan awal Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat yaitu:

Ketua           : Zuraida Hasan Basri Durin

Sekretaris     : Manzarni

Bendahara    : As. Nasir

Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat dibentuk tidak hanya untuk perkumpulan wanita-wanita Minangkabau yang hidup di perantauan, namun juga menjadi sebuah wadah untuk memajukan dan meningkatkan kehidupan masyarakat Sumatera Barat. Pendirian yayasan ini diharapkan mampu menjadi sebuah organisasi yang turut serta dalam memperjuangkan pendidikan yang bermutu dengan biaya terjangkau serta meningkatkan kesehatan masyarakat, sehingga membawa perubahan yang lebih baik untuk kemajuan masyarakat Sumatera Barat.

Demi mencapai maksud dan tujuannya, maka Yayasan Bunda Perwakilan Sumtera Barat mendirikan Sekolah Menengah Atas (SMA) Bunda Padang pada tahun 1979. SMA yang beralamat di Jalan Bunda No. 1 Ulak Karang Barat, SMA Bunda ini mulai beroperasi ditahun yang sama ditandai dengan menerima siswa baru pada tahun pelajaran 1979-1980. Kemudian pada tahun 1980, Yayasan ini kembali mendirikan sebuah lembaga pendidikan, dengan didirikannya Sekolah Menengah Pertama (SMP) Bunda Padang,8 beralamat di Jalan Bunda Raya No. 4 Ulak Karang. SMP Bunda ini mulai menerima siswa baru pada tahun pelajaran 1981/1982. Hingga sekarang kedua lembaga pendidikan tersebut tetap berdiri, dan telah mengisi sejarah pendidikan di Sumatera Barat, khususnya sejarah pendidikan di Kota Padang.

Usaha lain yang dilakukan oleh Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, maka pada tahun 1985 didirikanlah sebuah kursus keterampilan. Bentuk kerampilan yang diberikan yaitu keterampilan menjahit. Didirikannya kursus keterampilan ini diharapkan mampu memberikan bekal ilmu pengetahuan dan keterampilan menjahit bagi semua peserta didik, sehingga memberikan peluang dalam kegiatan ekonomi produktif masyarakat. Namun, kegiatan kursus keterampilan ini terhenti karena menghadapi beberapa kendala, salah satunya yaitu kurangnya minat masyarakat untuk bergabung kedalam kegiatan kursus keterampilan ini. Kegiatan lain yang juga diusahakan oleh pihak Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat dalam bidang kesehatan masyarakat, maka pada tahun 1986 didirikanlah sebuah Poliklinik Gigi Bunda yang beralamat di Jalan Rasuna Said No.56, Padang. Sumber dana Yayasan Bunda Perwakilan Sumatera Barat didapatkan dari bantuan pihak pemerintah atau swasta, sumbangan dari masyarakat baik perorangan maupun kelompok, uang sekolah, uang pendapatan poli klinik dan lain sebagainya. Pendapatan yang diterima harus didasarkan pada azas-azas kesukarelaan, sah dan tidak mengikat, dan tidak bertentangan dengan peraturan yang berlaku dari pihak yang berwajib, dan juga tidak bertentang dengan maksud dan tujuan yayasan.

SMA Bunda Padang yang pada awalnya didirikan oleh Yayasan Pembina Pembangunan Sumatera Barat Bunda yang disingkat menjadi Yayasan Bunda Pada tahun 1979. Didirikan oleh ibu-ibu warha Minang yang telah berhasil di Jakarta, dengan Salah satu tujuan yaitu misi social dengan membantu anak-anak nelayan di pesisir pantai Ulak Karang sehingga mendapatkan pendidikan yang bermutu.

Agenda

August 2019
S M T W T F S
1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31

Galery Foto

Copyright © 2019 SMA Bunda Padang Rights Reserved.